Tips Dalam Memilih Produk Frozen Foods

Di era modern seperti ini yang di mana kebutuhan dan gaya hidup yang serba cepat dan praktis membuat sebagian orang mengubah pola makannya untuk memilih makan yang siap saji atau siap di masak seperti frozen foods atau makanan beku. Minat konsumen terhadap produk makanan beku terus meningkat seiring dengan perkembangan dan era modern seperti saat ini. Peningkatan pasar yang begitu cepat karena anggapan masyarakat terhadap makanan produk frozen food yang di anggap sehat, cepat dan praktis.

Banyak produsen dan pasar yang menghidangkan atau menyajikan produk makanan beku (Frozen foods) kepada konsumen tentu membuat konsum perlu jeli dalam membedakan produk yang berkualitas atau tidak. Lalu bagaimana dalam memilih makanan beku (Frozen food) dengan baik dan benar? Berikut tips dan triknya :

1. Lihat kondisi kemasan

Melihat kondisi kemasan merupakan kunci utama dalam memilih frozen foods yang baik dan aman, karena untuk kondisi kemasan frozen food yang masih dalam kondisi baik kemasan masih dalam bentuk yang bagus selain itu susunan produk juga masih bagus, pressing dari kemasan masih terjaga.

2. Lihat susunan atau keadaan dari isi produk frozen foods

Selanjutnya yang menjadi kunci saat membeli produk frozen food adalah isi dari kemasan produk frozen foods yang biasanya masih tertata bagus atau rapi, dan dalam kondisi rapat sesuai dengan pressing kemasan terhadap produk walau ada beberapa produk yang tidak di press dengan kemasannya tapi untuk dari segi fisik pasti sangat terlihat mana produk yang masih baik dan sudah tidak layak.

3. Tanggal kadarluarsa

Pastikan ketika membeli produk frozen food lihat dahulu tanggal kadarluarsanya usahakan beli produk yang tanggal kadarluarsanya dekat sekali dengan tempo atau tanggal matinya produk atau makanan tersebut dalam artian kadarluarsanya produk frozen foods.

Selain tips dan trick tadi, berikut ini beberapa keunggulan dari frozen foods :

  • Kaya akan Nutrisi

Frozen foods (makanan beku) buah dan sayuran biasanya untuk sekali petik atau panen langsung di beku kan dan sedang daging atau ikan untuk sekali potong langsung di bekukan dengan tujuan agar protein atau vitamin yang terkandung dalam ikan dapat terkunci dan tetap menjaga daging atau ikan serta buah dan sayur tetap fresh serta utuh.

  • Lebih Sehat

Jika di lihat dari kondisi yang ada maka frozen food lebih sehat di bandingkan dengan makanan segar itu karena frozen food mengunci zat-zat atau kandungan yang berada di dalam buah-buahan atau sayur-sayuran, sementara sayur dan buah segar cenderung memiliki usia lama dari pertama kali di panen hingga d jual di pasar.

  • Bebas dari pengawet

Karena tidak langsung di olah frozen food tidak menggunakan bahan pengawet apapun karena frozen food atau makanan yang di bekukan sendiri merupakan salah satu tehnik pengawetan yang aman dan terjaga kesegarannya, itulah mengapa sebabnya frozen food bebas dari pengawet.

  • Mudah diolah

Frozen food atau makanan beku dapat di olah langsung menjadi beberapa jenis makanan atau masakan, ada beberapa cara dalam mengolah frozen food yaitu dengan cara di rebus, di panggang atau ditumis sesuai dengan selera nya masing-masing.

Itulah beberapa tips dan trick dalam memilih produk frozen food yang baik serta beberapa kelebihan atau keuntungan kita membeli produk frozen foods.